RISQUES-NIGER –¬†Blooming Onion, atau yang akrab dikenal sebagai Bawang Bunga, adalah sebuah hidangan appetizer yang telah memikat hati para penggemar kuliner di seluruh dunia. Dengan penampilannya yang unik dan rasa yang tak terlupakan, Blooming Onion telah menjadi hidangan ikonik di banyak restoran, terutama di restoran steak Amerika. Artikel ini akan membahas asal-usul, cara pembuatan, dan variasi dari hidangan inovatif ini.

Asal-Usul Blooming Onion:

Blooming Onion pertama kali diperkenalkan oleh restoran steak Outback Steakhouse di Amerika pada tahun 1988. Hidangan ini terinspirasi dari teknik memotong bawang yang digunakan dalam berbagai masakan tradisional, namun diadaptasi dan disajikan dengan cara yang benar-benar baru. Konsep ‘melepas’ lapisan bawang hingga menyerupai bentuk bunga yang mekar tidak hanya membuatnya menarik secara visual tetapi juga memberikan tekstur yang krispi dan lezat saat digigit.

Bahan dan Cara Pembuatan Blooming Onion:

Untuk membuat Blooming Onion, bahan utama yang diperlukan adalah bawang besar yang masih segar dan memiliki lapisan yang padat. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan Blooming Onion:

  1. Pemilihan dan Persiapan Bawang:
    • Pilihlah bawang berukuran besar dan kualitas terbaik.
    • Potong bagian atas bawang tanpa mengupas kulitnya sepenuhnya dan buang bagian akar, namun pastikan bawang tetap menyatu dan tidak terpisah.
  2. Teknik Memotong:
    • Potong bawang menjadi beberapa bagian dari atas tetapi jangan sampai terputus di bagian bawah, sehingga lapisan bawang dapat ‘melebar’ seperti kelopak bunga.
  3. Perendaman:
    • Rendam bawang yang telah dipotong dalam air es selama beberapa jam agar ‘kelopak’ bawang terbuka sempurna.
  4. Pelapisan dan Penggorengan:
    • Campurkan tepung, rempah-rempah, dan bumbu penyedap.
    • Lumuri bawang dengan campuran tersebut, pastikan semua bagian terlapisi dengan baik.
    • Goreng bawang dalam minyak panas sampai berwarna keemasan dan krispi.

Penyajian Blooming Onion:

Setelah digoreng, Blooming Onion biasanya disajikan dengan saus khas yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Saus ini bisa dibuat dari campuran mayones, saus tomat, saus pedas, dan bumbu-bumbu lain sesuai selera. Cara penyajian ini tidak hanya melengkapi rasa dari bawang yang kaya akan rasa namun juga menambahkan dimensi rasa yang berbeda pada setiap gigitan.

Varian dan Kreasi Blooming Onion:

Beberapa restoran dan chef telah menciptakan variasi dari Blooming Onion, seperti dengan menambahkan keju parut, daging cincang, atau rempah-rempah tertentu untuk memberikan cita rasa yang berbeda. Ada juga yang menyajikan Blooming Onion dengan saus yang lebih beragam, seperti saus barbeku atau saus keju biru.

Kesimpulan:

Blooming Onion adalah hidangan yang sempurna bagi mereka yang mencari sesuatu yang unik dan lezat untuk memulai makan malam mereka. Dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang kaya, ditambah dengan cara penyajiannya yang spektakuler, Blooming Onion telah memenangkan hati banyak penggemar kuliner. Resep ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan selera pribadi, menjadikannya hidangan yang fleksibel dan dapat dinikmati oleh banyak orang.